Zoom Meeting MenpanRB dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muara Enim Terkait Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik Tahun 2021

EVALUASI KERJA PELAYANAN PUBLIK MENPANRB TERHADAP PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MUARA ENIM

 

Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) didampingi Pj Sekretaris Daerah Emran Tabrani serta Asisten III Bidang Administrasi Umum Mariyana mengikuti Kegiatan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik Tahun 2021 melalui virtual meeting dari Ruang Rapat Bupati Muara Enim, Selasa (10/08) pagi. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) ini juga diikuti oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Muara Enim dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muara Enim selaku Pelaku Layanan.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Tim Evaluator dari Kemenpan RB yang telah melakukan evaluasi pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim untuk yang ketiga kalinya sejak tahun 2018 s.d 2020, karena menurut saya dengan adanya Evaluasi ini otomatis berdampak pada peningkatan pelayanan publik yang akan diberikan oleh Pelaku Layanan kepada masyarakat dan ini baik sekali," kata Pj Bupati diawal sambutannya.

 Tim Evaluator dari Kemenpan RB pada evaluasi kali ini yaitu Taufik Hidayanto Setiawan dan Nanang Khoirudin memberikan evaluasi terkait penilaian pada pelayanan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Muara Enim dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muara Enim. Dilihat dari unsur penilaian, pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muara Enim mendapatkan nilai IKM sebesar 83,95 yang berada dalam kategori baik. Berikut tabel survei kepuasan masyarakat Kabupaten Muara Enim terhadap pelayanan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muara Enim.

NO UNSUR NILAI UNSUR SKM
1 PERSYARATAN 3,427
2 SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR 3,315
3 WAKTU PENYELESAIAN 3,243
4 BIAYA/TARIF 3,953
5 PRODUK SPESIFIKASI JENIS PELAYANAN 3,318
6 KOMPETENSI PELAKSANA 3,265
7 PERILAKU PELAKSANA 3,251
8 SARANA DAN PRASARANA 3,303
9 PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN 3,452
     
  NILAI INTERVAL 3,358
  NILAI IKM UNIT LAYANAN 83,95
  MUTU PELAYANAN B
  KINERJA UNIT PELAYANAN BAIK